Tes TOEFL online untuk menguji kemampuan Bahasa inggris Anda

Tes TOEFL Online

TOEFL (Test of English as Foreign Language) adalah salah satu jenis tes bahasa inggris yang bertujuan menguji kemampuan berbahasa inggris anda, mulai dari listening, structure dan reading. TOEFL pertama kali ditemukan pada tahun 1963, diciptakan dan dikembangkan oleh ETS (Educational Testing Service). Namun sekarang di masa pandemi ini kita bisa tes TOEFL Online untuk mengukur kemampuan bahasa inggris kita.

Saat itu, tes TOEFL hanya digunakan oleh masyarakat New Jersey untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris mereka ketika akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun, semakin hari semakin banyak lembaga yang menggunakan tes jenis ini, sehingga tes ini menjadi standart Bahasa Inggris Internasional

Pentingnya sertifikat TOEFL dan tes Toefl Online

Mengikuti tes TOEFL dan memiliki sertifikat TOEFL bukan hanya sekedar iseng-iseng saja, banyak manfaat dan kegunaan dari sertifikat TOEFL sebagai bukti kemampuan berbahasa inggris anda. Berikut beberapa poin pentinya memiliki sertifikat TOEFL:

  • Bisa digunakan untuk mendaftar di program short course atau program non-degree di negara-negara berbahasa Inggris.
  • Bisa digunakan untuk mendaftar ke program sarjana (S1) dan master jika anda ingin kuliah ke luar negeri
  • Bisa digunakan untuk mendaftar dan penempatan diri kedalam program kolaborasi internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.
  • Bisa digunakan untuk mendaftar program beasiswa ke berbagai negara – sebagai seleksi awal.
  • Bisa digunakan untuk tes masuk program berbahasa Inggris yang membutuhkan bukti kemampuan berbahasa Inggris akademik di level sarjana (S1) atau diploma.
  • Bisa digunakan untuk memonitor perkembangan kemampuan berbahasa Inggris anda, khususnya jika anda memerlukan keahlian dalam bahasa Inggris secara akademis.
  • Bisa digunakan untuk menyiasati beasiswa LPDP. Biasanya jika anda ingin mendapatkan beasiswa, anda harus memiliki skor TOEFL yang tinggi, kurang lebih sekitar 550.
  • Sertifikat TOEFL sangat berguna untuk anda saat melamar sebuah pekerjaan, terutama dijabatan tertentu yang mengharuskan anda memiliki kemampuan berbahasa inggris.
  • Bisa digunakan untuk memudahkan dan membuka peluang anda mendapatkan kenaikan jabatan atau promosi.

Itulah beberapa poin pentingnya mengikuti tes TOEFL dan memiliki sertifikat TOEFL dengan skor tinggi tentunya. Nah, apakah anda tertarik mengikuti tes TOEFL? Jika iya, maka anda perlu memperhatikan beberapa informasi penting sebelum mengikuti tes nya. Saya sudah merangkum informasi yang mungkin akan sangat berguna bagi anda.

Dalam TOEFL ada empat aspek yang akan diujikan kepada anda, yaitu:

  1. Listening Comprehension
  2. Writing
  3. Reading Comprehension
  4. Grammar Structure and Writting Expression

Keempat bahan tes TOEFL itu yang akan mengevaluasi kemampuan berbahasa inggris anda secara akademis. Skor TOEFL yang baik menunjukan bahwa kemampuan bahasa Inggris anda telah memadai secara akademis. Untuk skor terendah pada TOEFL adalah 310 sedangkan nilai skor tertinggi adalah 675.

Untuk beberapa kepentingan seperti melamar pekerjaan tertentu dan mengambil pendidikan lebih tinggi, atau mengajukan beasiswa, biasanya anda akan memerlukan skor 500 sampai 550 dari hasil ujian TOEFL anda.

Jenis-Jenis Tes TOEFL

Tes TOEFL memiliki beberapa Jenis berbeda diseluruh dunia. Di Indonesia sendiri, jenis tes yang digunakan adalah tes TOEFL Institutional Testing Program atau yang disingkat ITP. Nah, inilah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis Tes TOEFL yang ada di dunia:

1. Paper Based Test (PBT)

PBT adalah jenis tes yang paling umum, seperti tes dan ujian kebanyakan. Tes dikerjakan dengan media kertas yang berisi soal berupa pilihan ganda dengan materi yang diuji terdiri dari listening, reading, dan structure.

Anda juga mengisi jawaban di kertas jawaban yang disediakan. Durasi pengerjaan PBT biasanya kurang lebih 3 jam. Untuk rentang skor tes TOEFL jenis ini antara 310-667. Biasanya untuk biaya yang harus anda keluarkan kurang lebih Rp 450.000 – 500.000 untuk sekali tes.

2. Computer Based Test (CBT)

CBT adalah ujian TOEFL yang dikerjakan menggunakan media computer dimana para peserta akan mengerjakan soal-soal berupa reading, structure, listening, dan writing melalui software interaktif yang terdapat di computer.

Saat mengikuti tes TOEFL yang satu ini anda diwajibkan untuk mengerjakan dengan cermat karena anda tidak bisa mengubah atau kembali mengerjakan soal yang sudah terlewat. Untuk penilaian atau skor tes TOEFL jenis ini rentang antara 30-300.

3. Internet Based Test (IBT)

IBT atau Internet Besed Test dikenal juga dengan Next Generation TOEFL karena hampir mirip dengan jenis tes sebelumnya dimana anda bisa mengerjakan tes dengan media computer. Jenis tes IBT juga dilakukan dengan media komputer namun lengkap dengan menggunakan internet.

Anda akan menyelesaikan soal-soal yang terdiri dari materi reading, writing, listening, dan speaking melalui komputer yang terkoneksi dengan internet. Untuk biaya mengikuti tes IBT kira-kira sekitar Rp 2,8 juta untuk satu kali tes. Untuk durasi tes IBT kurang lebih 4-5 jam dengan penilaian skor mulai dari 0-120.

4. Institutional Testing Program (ITP)

Tes jenis ITP ini diselenggarakan oleh perguruan tinggi atau lembaga bahasa terpercaya, namun tetap dengan soal yang mengikuti standar internasional. Biasanya ITP tidak diakui secara internasional. Sertifikat TOEFL ITP hanya berlaku di dalam negeri atau di beberapa negara Asia saja.

5. TOEFL Prediction Test

TOEFL Prediction Test bertujuan untuk memperkirakan skor tes TOEFL sehingga anda bisa mengevalusi kekurangan yang anda miliki. Bisa dikatakan kalau tes jenis ini semacam latihan sebelum anda mengikuti tes yang sebenarnya.

Soal-soal yang digunakan tes ini biasanya diambil dari buku-buku TOEFL seperti Longman, Barron, ETS, dan sebagainya. Ujian persiapan ini biasanya diselenggarakan oleh lembaga bahasa yang mengadakan tes TOEFL.

Tentu saja karena sifatnya hanya seperti latihan, sertifikat tes TOEFL ini tidak bisa anda gunakan untuk melamar kerja, mengajukan beasiswa, atau lainnya. Tes ini hanya bertujuan untuk mengukur dan memperkirakan hasil skor tes TOEFL anda.

Tes ini bisa anda ikuti sebelum mengikuti tes TOEFL yang lainnya, karena sifatnya hanya latihan, tentunya biaya yang perlu anda keluarkan tergolong murah, jika dibandingkan dengan biaya tes TOEFL lainnya.

Kini Anda bisa Mengikuti Tes TOEFL secara Online

Saat ini, anda sudah tidak perlu lagi repot-repot datang ke tempat ujian untuk melakukan tes TOEFL. Anda tidak perlu datang untuk melakukan pendaftaran, kemudian datang lagi untuk melaksanakan ujian, selanjutnya anda datang kembali untuk mengambil hasil tes-nya.

Kini anda bisa mengikuti tes TOEFL online, mulai dari pendaftaran secara online, melaksanakan ujian secara online, dan melihat hasil ujian anda secara online juga. Selain itu, biasanya tes offline memiliki jadwal dan jam-jam tertentu yang harus anda kejar jadwalnya. Sedangkan untuk tes TOEFL online anda bisa kapan saja mendaftar dan mengerjakan soal yang diberikan, kapanpun dan dimanapun.

Lalu dimana anda bisa mengikuti Tes TOEFL Online?

Tidak semua penyelenggara tes TOEFL bisa melangsungkan tes TOEFL online. Namun anda bisa mengikuti tes TOEFL online di Golden English. Disini anda bisa mengikuti tes dan mendapatkan sertifikat resmi dari Golden English yang merupakan lembaga dibawah naungan Kementerian Pendidikan.

Golden English memberikan penawaran berupa tes TOEFL yang berlangsung secara online dan memberikan setifikat berupa softcopy yang akan langsung jadi setelah tes selesai.

Untuk mengikuti tes TOEFL Online Plus Sertifikat di Golden English, anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 175.000 saja.