Pembuat Kubah Masjid

Pembuat-Kubah-Masjid

Pembuat Kubah Masjid

Sebuah kubah anda sesuatu yang sangat tidak ketinggalan pada bangunan masjid. Kubah ini juga sudah menjadi sebuah ciri khas masjid yang bisa terlihat dari kejauhan sekalipun. Oleh karena itu, para pembuat kubah masjid harus mendesainnya dengan kuat dan juga kokoh. Hal ini karena agar kubah tersebut bisa bertahan lama dan tidak mudah roboh. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini!

Mengenal Lebih Jauh Tentang Asal Muasal Sebuah Kubah Masjid

Kata kubah diambil dari bahasa latin yaitu kata domes. Sudah mulai dari abad ketujuh, hampir semua masjid yang ada di dunia ini tidak lupa untuk selalu menyertakan sebuah kubah yang merupakan komponen wajib. Selain itu, bisa dikatakan jika kubah selalu diidentikkan dengan arsitektur yang khas dari Islam.

Akan tetapi, kenyataannya adalah kubah bukanlah berawal dari budaya-budaya islam. Jauh sebelum agama Islam dilahirkan, kubah masjid telah menjadi arsitektur yang populer pada wilayah-wilayah yang berada di laut tengah yaitu Mediterania. Wilayah tersebut juga dikelilingi oleh beberapa benua seperti Asia, Afrika, dan juga Eropa.

Telah dijelaskan bahwa kata kubah (dome) berasal dari bahasa latin yang memiliki arti rumah (domus). Sementara itu, pembuat kubah masjid di Indonesia ini juga menyebut bangunan setengah lingkaran tersebut dengan kata kubah yang diambil dari bahasa suriah yaitu qubba. Hal ini juga sudah sangat dipopulerkan pada tanah Arab.

Pada sejarah islam, masjid pertama yang dibangun dengan memakai kubah terdapat di salah satu daerah Yerussalem yaitu Palestina. Masjid berkubah tersebut dibuat oleh Khalifah Abdul Malik bin Marwah antara tahun 685 Masehi sampai dengan 691 Masehi. Khalifah Abdul Malik bin Marwah berasal dari Dinasti Ummaiyyah.

Pendirian sebuah masjid berkubah di Yerussalem tersebut dimulai pada saat kota tersebut telah jatuh kepada kekuasaan agama Islam di era Umar bin Khattab. Majid tersebut juga telah diketahui dengan sebutan Masjid Qubbat as-Sakhrah yang artinya sebuah masjid kubah batu atau juga bisa disebut dengan Dome of the Rock.

Bangunan dengan pembuat kubah masjid pertama tersebut berlokasi di tengah-tengah sebuah kompleks yaitu al-Haram asy-Syarif. Masjid tersebut adalah masjid Al-aqsha yang ada di pusat kota Yerussalem itu sendiri yang juga telah didirikan setengah tahun sesudahnya Nabi Muhammad SAW wafat.

Disamping itu, beberapa tahun setelahnya, Masjid Nabawi yang terletak di Madinah telah dibagun kembali dengan desain arsitektur yang keren dan juga megah ketika di bawah pimpinan al-Walid bin Abdul Malik. Masjid Nabawi tersebut merupakan sebuah tempat ibadah yang telah dibangun langsung oleh Nabi Muhammad SAW saat tahun 622 Masehi tepatnya 1 Hijriyah lalu.

Proses perbaikan dari Masjid Nabawi tersebut dilakukan sejak tahun 88 Hijriyah sampai dengan 91 Hijriyah. Renovasi tersebut juga langsung dipimpin oleh salah satu Gubernur Madinah pada saat itu yakni Umar bin abdul. Sesudah renovasi tersebut selesai, Masjid Nabawi sendiri telah banyak mengalami perubahan.

Perubahan-perubahan tersebut bisa dilihat dari adanya empat menara yang diposisikan pada setiap sisi masjid, tembok masjid yang telah dilapisi marmer, mozaik dan emas marmer yang berwarna-warni, dan juga mihrab yang didesain sedemikian rupa. Disamping itu, perubahannya juga terlihat kubah masjidnya yang lebih dipercantik dan diletakkan tepat di atas ruangan yang ada di depan mihrab.

Bahan-bahan yang Dibuat pada Kubah Masjid

Ketika hendak melakukan sebuah pembangunan kubah masjid, tentunya anda harus memperhatikan bahan-bahan yang akan digunakan. Hal ini karena memang pada setiap tempat pertahanan tanah yang berbeda. Oleh karena itu, anda harus selalu memperhatikan situasi dan juga kondisi pada tempat pembangunan masjid tersebut.

Anda harus menyesuaikan bahannya dengan tempat lokasi pembuatan masjidnya. Adapun beberapa bahan yang bisa anda gunakan untuk membuat kubah masjid yaitu beton, galvalum, stainless, GRC, dan juga Enamel. Pastikan saat pembangunan kubah masjidnya sudah memakai jenis bahan yang tepat.

Yang pertama, beton sebagai pembuat kubah masjid merupakan salah satu jenis bahan yang populer akan tingkat kekuatannya. Oleh sebab itu, tidak heran jika pemakaian bahan beton ini sendiri banyak sekali dilakukan untuk proses pembuatan kubah tersebut. Terdapat juga besi tulangan yang ada di dalam beton tersebut sebagai sebuah kerangkanya.

Kemudian, untuk bahan yang kedua yaitu galvalum juga sangat dikenal dengan ketahanannya terhadap panas. Disamping tahan akan tingkat kepanasan, galvalum juga memiliki beberapa keunggulannya. Keunggulan tersebut adalah daya rekat galvalum yang sangat fleksibel dan juga termasuk bahan yang tahan dari karatan.

Kubah dengan jenis bahan itu sangat banyak sekali diminati oleh orang-orang. Oleh karena itu, bahan ini bisa dipakai sebagai pilihan yang tepat dan terbaik bagi para pembuat kubah. Bahan kubah yang selanjutnya adalah stainless. Tentunya bahan kubah yang satu ini sudah sangat tidak asing sekali untuk anda.

Kubah berbahan stainless tersebut tentu saja juga memiliki banyak kelebihannya. Salah satunya adalah bahan ini tergolong sangat tahan karat. Disamping tahan karat, stainless tersebut juga sangat mengkilap sehingga bisa menjadi daya tarik yang tersendiri untuk penampilan masjidnya.

Anda juga akan menemukan kubah berbahan stainless ini dengan mudah dan harganya juga terjangkau. Maka dari itu, anda tidak perlu khawatir lagi akan pengeluaran biayanya yang tidak begitu merogoh kocek anda. Anda juga bisa mengulik dan membandingkan harga-harganya antara jasa penyedia kubah masjid satu dengan jasa pembuat kubah masjid yang lainnya.

Selanjutnya, bahan GRC pada sebuah kubah masjid memang merupakan sebuah bukti kemajuan teknologi pada bidang konstruksi. Untuk kelebihan yang dimiliki bahan GRC ini sendiri adalah beratnya yang lebih ringan jika dibandingkan dengan kubah masjid yang berbahan beton. Namun, anda tidak perlu khawatir karena GRC ini juga mempunyai daya tahan yang cukup tinggi.

Buka hanya mempunyai kelebihan pada kekuatannya saja, melainkan GRC juga termasuk bahan yang tahan akan tingkat kepanasan tinggi dan tidak mudah berkarat. Tentunya bahan yang satu ini juga sangat banyak sekali dicari dan diminati oleh orang-orang. Anda juga bisa menjadikannya sebagai bahan andalan untuk membuat sebuah kubah masjid.

Bahan terakhir yang bisa anda gunakan sebagai pembuatan kubah masjid adalah enamel. Jenis bahan yang satu ini juga memiliki berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Kelebihan yang pertama adalah ketajaman warnanya yang sangat sempurna apabila dibandingkan dengan jenis bahan kubah masjid lainnya.

Kemudian, enamel juga mempunyai tingkat kecerahan yang lebih bagus dari kubah-kubah jenis lainnya. Tidak hanya sampai disitu saja, melainkan enamel juga merupakan bahan yang tergolong sangat ringan dan tidak mudah bocor. Oleh sebab itu, anda tidak perlu meragukan lagi jenis bahan kubah masjid yang satu ini.

Pembuat Kubah Masjid Terbaik

Pembuat-Kubah-Masjid

Adanya sebuah kubah merupakan sesuatu yang penting dan harus selalu ada pada sebuah masjid. Akan tetapi perlu diingat bahwa memang arsitektur kubah sudah sejak dulu ada bahkan sebelum Islam dilahirkan. Saat ingin membuat kubah masjid, anda juga harus menggunakan bahan yang tepat dan berkualitas.