Kontraktor Kubah Masjid Ambon Maluku

Kontraktor Kubah Masjid Ambon Maluku

Kontraktor kubah masjid Ambon Maluku menyediakan layanan pembuatan atap lengkung masjid dengan teknologi modern dan biaya terjangkau.

 

Seiring berjalannya waktu, kubah memiliki bentuk dan jenis yang beragam. Salah satunya dari bahan GRC atau beton berkualitas tinggi dan baja ringan atau Enamel.

 

Kedua material utama atap lengkung ini memiliki keunggulan masing-masing. Dalam  membuat kubah yang modern, ada beberapa hal harus Anda perhatikan. Pemilihan bahan berkualitas adalah hal penting dalam menunjang fungsional atap tersebut. Rangka atap lengkung masjid harus menggunakan material yang baik dan sesuai standar.

 

Kubah tidak hanya sebagai identitas sebuah masjid, tetapi memiliki makna tersendiri bagi bangunan tersebut. Selain sebagai keindahan dan kemegahan, atap lengkung ini bermakna Kebesaran sang Maha Pencipta. Masjid tersebar hingga ke daerah Timur Indonesia, sehingga Anda bisa menggunakan jasa kontraktor kubah masjid Ambon Maluku.

 

Spesifikasi Teknis Kubah Masjid Modern

 

Dahulu, kubah hanya sebatas penanda bahwa tempat tersebut digunakan untuk beribadah umat Islam. Perkembangan teknologi sekarang membuat konstruksi atap lengkung masjid semakin berkembang. Ada spesifikasi teknis tersendiri dalam membuat atap lengkung tersebut sesuai SOP maupun standar yang berlaku.

 

Rangka utama kubah bisa menggunakan material RGC atau beton maupun baja ringan. Bahan ini harus bisa menyesuaikan ukuran pada kubah yang akan dibuat. Selain itu, konstruksi masjid harus didukung dengan bahan tambahan, salah satunya Hollow 2×4 mm dengan ketebalan 1 mm. Pertimbangkan juga atap yang digunakan, biasanya terbuat dari plat besi ukuran 0.9 sampai 1.2 mm.

 

Sebagai kontraktor untuk kubah masjid di Ambon dan Maluku yang berpengalaman, CV. Sam Jaya Utama juga memperhatikan plafon yang digunakan. Untuk menunjang estetika dan kenyamanan, plafon bisa menggunakan kalsibord 3 mm dan dilengkapi dengan water proofing thorcing sistem. Bahan tersebut digunakan untuk mencegah kebocoran saat hujan maupun risiko rembesan.

 

Pada bagian bawah kubah pastinya dilapisi dengan cat untuk memperindah tampilan pada kubah agar terlihat lebih menarik. Finishing yang biasa digunakan motif awan atau warna yang matching dengan warna bangunan. Coating panel dilakukan melalui dua tahap, yaitu pewarnaan dasar dan finishing. Pada tahap ini, kontraktor kubah menggunakan teknologi coating modern, sehingga lebih efektif.

 

Terakhir, perhatikan aksesoris kubah masjid yang digunakan. Aksesoris ini bertujuan untuk mempercantik tampilan dan memberikan unsur seni yang tinggi. Biasanya menggunakan hiasan dari stainless steel berukuran 0.4 sampai 0.5. Untuk mencegah risiko petir, berikan penangkal petir dibagian paling atas kubah.

 

Konstruksi Kubah Masjid Panel Galvalum dengan Coating

 

Konstruksi atap lengkung masjid Ambon Maluku menyediakan pengecatan atau coating dengan dua jenis, yaitu powder dan duco. Anda bisa memilih jenis coating tersebut sesuai kebutuhan untuk menunjang fungsi dan estetika. Jenis pengecatan kubah dan konstruksi adalah sebagai berikut:

 

1. Powder Coating

Konstruksi rangka kubah menggunakan galvalum berukuran 1 sampai 3 inch dan besi Hollow sebagai rangka pendukungnya. Atap kubah menggunakan besi plat berukuran 0.4 atau 0.5 mm. Palat besi ini harus mampu menahan beban kubah, sehingga diperhitungkan dengan cermat.

 

Bagian plafon menggunakan kalsibord dan water proofing untuk mencegah kebocoran dan rembesan. Setelah itu, pemberian coating menggunakan jenis powder melalui dua tahap, yaitu pewarnaan dasar dan coating pokok. Cat dasar menggunakan suhu 220° dan cat pokok pada temperatur 790°.

 

2. Duco Coating

Jika Anda ingin menggunakan Duco Coating, kontraktor untuk kubah masjid di Ambon dan Maluku dari kami menyediakan bahan berkualitas untuk pengecatan tersebut. Rangka kubah bisa dari baja ringan yang didukung pipia Hollow. Bahan atap dan plafon juga bisa menggunakan bahan sama, yaitu plat besi galvalum dan kalsibord lapis water proofing.

 

Hal penting harus diperhatikan adalah pada tahap melakukan coating. Lapisan kubah yang menggunakan duco wajid menggunakan tiga proses pewarnaan. Pertama, cat dasar dengan pemanasan tinggi dalam oven hingga suhu 790°. Selanjutnya cat pokok dengan suhu yang lebih tinggi sekitar 800° sampai 810°. Terakhir pelapisan anti gores dengan suhu 830° agar terlihat mengkilap.

 

Aspek Penting dalam Kubah Masjid

 

Kontraktor kubah masjid di Ambon dan Maluku memiliki perencanaan dan pemahaman teori dasar yang baik. Secara khusus, pemahaman struktur harus dikendalikan dengan matang. Hal ini juga menyangkut perhitungan biaya atau RAB agar tercipta hasil terbaik. Ada beberapa aspek yang harus diperhatikan, diantaranya:

 

1. Aspek Arsitektur

Dalam aspek arsitektur harus mempertimbangkan bahan dan desain yang direncanakan. Desain tersebut disesuaikan dengan kebutuhan serta fungsional kubah itu sendiri. Bentuk struktur yang dibuat harus mengacu pada perhitungan dan kebutuhan. Aspek ini akan menyangkut kualitas bahan, metode kerja dan sebagainya.

 

2. Aspek Fungsional

Aspek fungsional berkaitan dengan tujuan pembuatan kubah masjid. Jika atap lengkung ini digunakan hanya sebagai dekorasi, Anda bisa memilih jenis kubah baja ringan atau galvalum. Jika fungsi kubah sebagai elemen struktur dan perlindungan, lebih baik menggunakan bahan GRC atau beton.

 

Perencanaan struktur yang matang dapat menciptakan hasil yang memuaskan dan sesuai keinginan. Kontraktor kubah masjid Ambon Maluku sangat memperhatikan aspek fungsional. Aspek ini akan berpengaruh pada penggunaan ruang, ukuran kubah, dan fungsional masjid yang bersangkutan.

 

3. Aspek Kekuatan dan Stabilitas

Perhatikan aspek kekuatan dan stabilitas kubah masjid yang akan dibuat. Hal ini akan berkaitan dengan kemampuan atap dalam menahan beban di atasnya, termasuk beban angin, vertikal maupun beban samping. Beban tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya gempa bumi, hujan dan kondisi alam lain yang mempengaruhi stabilitas.

 

Pembuatan Kubah Masjid Enamel

Dalam pembuatan kubah masjid ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. Pertama menggunakan material baja ringan atau enamel dan beton. Material beton memang sangat kuat dan juga kokoh, akan tetapi membutuhkan sebuah pondasi yang ekstra kuat juga. Hal ini tentu akan menambah biaya pembuatan, sehingga lebih mahal dan tidak mudah dalam pemasangannya.

 

Kontraktor kubah masjid Ambon Maluku menawarkan alternatif material kubah menggunakan baja ringan. Bahan ini memiliki bobot yang ringan dan mampu menahan beban alam, seperti gempa bumi. Dalam pemasangannya tidak membutuhkan teknis khusus maupun pondasi tambahan. Dari segi biaya, kubah enamel lebih terjangkau, karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

 

Jika dilihat dari segi kekuatan, baja ringan memang tidak sekuat beton. Beton termasuk bahan solid sehingga memiliki risiko retak cukup tinggi. Sedangkan galvalum jauh lebih ringan dan mudah dibuat. Pemilihan jenis kubah ini sangat penting untuk menunjang fungsional masjid setelah beroperasi.

 

Untuk mencegah risiko petir, kontraktor kubah masjid Ambon Maluku biasa menambah penangkal petir. Elemen ini dipasang menyebar di atap masjid dengan perencanaan yang baik dan aman. Sebagai finishing, berikan pengecatan sesuai tahap SOP, yaitu cat dasar dan cat pokok. Pembuatan kubah memang terlihat mudah, namun harus didasari dengan perencanaan yang matang.

 

Selain memperhatikan material utama, kubah juga membutuhkan aksesoris tambahan. Biasanya pada ujung kubah terdapat hiasan dari bahan stainless steel yang dikenal dengan istilah Makara. Makara sangat cocok sebagai hiasan kubah enamel, karena tampilannya lebih menarik dan indah.

 

Kubah merupakan bagian penting untuk mendukung fungsional masjid. Material yang digunakan harus berkualitas serta memperhatikan spesifikasi teknis.

CV. Sam Jaya Utama sebagai Kontraktor kubah masjid Ambon Maluku siap melayani pembuatan kubah dari galvalum atau enamel dengan tenaga ahli dan profesional.