Harga Kubah Masjid

Pembuat-Kubah-Masjid

Harga Kubah Masjid

Kubah menjadi salah satu bagian yang paling penting pada sebuah masjid. Oleh karena itu menentukan harga kubah masjid yang sesuai dengan budget pembangunan menjadi salah satu pekerjaan rumah yang penting untuk dilakukan. Berikut adalah daftar bahan dan harga kubah masjid yang dapat kamu jadikan referensi dalam menentukan kubah yang diinginkan.

Daftar Bahan dan Harga Kubah Masjid

 1. Kubah Masjid dengan Bahan Berupa GRC / Beton

Untuk kamu yang bergelut dengan berbagai material konstruksi maka tentu sangat familiar dengan beton. Bahan ini merupakan bahan bangunan yang terbentuk dari kombinasi agregat dengan diberi pengikat berupa semen. Salah satu bentuk beton yang paling sering dijumpai adalah bentuk Portland yang merupakan gabungan dari agregat mineral, semen, dan air.

Beton merupakan material yang akan mengering saat bahan telah dicampur dengan rata dan dibiarkan selama beberapa waktu. Bahan ini merupakan salah satu bahan yang sangat kuat sehingga masa penggunaannya bisa sangat lama. Bahannya yang sangat kokoh menjadikan bahan ini menjadi salah satu pilihan yang baik untuk kamu yang sedang membangun masjid.

Lalu berapakah harga kubah dengan bahan dasar beton atau GRC? Kubah jenis ini biasanya dipatok dengan harga sekitar Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 per meter persegi.walaupun harganya relative lebih mahal namun bahan ini adalah bahan yang paling cocok terutama untuk masjid yang berada di wilayah tropis karena bahan ini tahan cuaca.

Selain itu bahan ini memiliki keunggulan lain yaitu mudah di cat. Oleh karena itu kelebihan ini menjadi salah satu kelebihan yang menguntungkan terlebih untuk kamu yang ingin memberikan motof unik pada bagian kubah masjid. Cat akan lebih mudah menempel sehingga pengerjaannya juga akan lebih dan cepat sehingga masjid akan lebih cepat rampung.

2. Kubah Masjid dari Bahan Berupa Enamel

Bahan enamel meruoakan salah satu jenis bahan kubah masjid yang banyak ditemukan penggunaannya. Enamel merupakan bahan yang terbuat dari alloy atau silica yang telah digabungkan dengan cara dilebur bersama dengan plat baja berkualitas tinggi dalam suhu yang sangat tinggi. Serbuk kaca atau silica kemudian menjadi satu dan mengeras.

Seiring dengan berkembangnya model kubah masjid, bahan ini mulai cukup banyak digunakan. Harga kubah masjid dengan bahan enamel masih dipantau lebih tinggi dibandingkan dengan bahan beton. Panel enamel memiliki kisaran harga sekitar 1.500.000 hingga 2.500.000. Mengapa lebih maha? Karena panel berupa enamel lebih mengkilat dan menarik.

Bahan ini juga terdiri dari berbagai pilihan ketebalan. Kamu dapat menyesuaikannya dengan desain kubah masjid yang kamu inginkan. Sealin itu kamu juga harus memperhatikan ketersediaan dana yang kamu miliki. Tentunya semakin tebal lapisan enamel maka akan semakin kokoh. Namun jenis bahan yang paling banyak digunakan yaitu dengan ketebalan 0,7 mm.

3. Kubah Masjid dari Bahan Galvalum

Sebenarnya apa yang menjadi keistimewaan panel galvalum dibandingkan dengan jenis kubah beton? Kubah yang tersusun dari bahan galvalum akan lebih diperbaiki jingan mengalami kerusakan. Selain itu bahannya juga cukup tahan terhadap panas. Bahkan dikabarkan material galvalum dapat menahan panas hingga temperaturnya yang mencapai 3000 derajat celcius.

Dengan panel galvalum maka kamu dapat mengkreasikan model kubah kamu. Banyak terdapat pilihan warna yang dapat kamu pilih. Jika kamu berkunjung ke penjual kubah maka mereka akan langsung menunjukkan beberapa pilihan warna yang dapat kamu pertimbangkan. Pilihlah warna panel yang sesuai dengan konsep dan desain majis kamu.

Selain itu kelebihan dari panel galvalum adalah ketahanannya yang cukup baik terhadap korosi. Oleh karena itu kamu tidak perlu khawatir jika bahan kubah kamu akan mudah berkarat. Selain itu bahan ini juga diklaim memiliki kemampuan menetralkan panas. Artinya saat cuaca sangat panas di diluar masjid maka udara didalam masjid akan tetap sejuk.

Selain itu jika dilihat dari harganya juga tidak jauh berbeda dengan bahan berupa panel enamel. Panel enamel memang memiliki harga yang diatas bahan beton namun bahan tersebut tidak jauh berbeda dengan bahan galvalum. Harga kubah masjid dengan bahan galvalum juga masih sama yaitu dihitung per meter seperti bahan yang lainnya.

4. Kubah Masjid dengan Bahan Stainless

Kubah berbahan stainless menjadi salah satu produk yang sangat banyak dijumpai. Bahan ini dinilai cukup praktis karena kamu tinggal pasang kubah yang sudah jadi di bagian atas bangaunan masjid yang kamu persiapkan. Selain itu kubah jenis ini memiliki banyak sekali pilihan ukuran yang dapat menjadi bahan pertimbangan.

Kubah jenis ini memiliki kelebihan tahan terhadap korosi. Bahannya tidak akan mudah berkarat sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Kamu juga tidak perlu khawatir jika kubah masjid kamu berubah warna menjadi kekuningan. Selain itu warna dari bahan ini cukup mengkilap sehingga kubah ini cukup diminati karena modelnya yang futuristic.

Selain itu jika kamu menggunakan bahan ini maka kamu tidak memerlukan pondasi khusus layaknya saat kamu memansang kubah dengan bahan beton. Bahan ini sangat ringan namun tetap sangat kokoh. Selain itu juga tidak mudah bocor sehingga bagian dalam masjid dapat terlindungi dengan baik. Kamu tidak perlu was was jika dikemudian hari masjid akan bocor.

Lalu bagaimana dengan harga kubah masjid kualitas dengan bahan stainless? Bahan ini tidak diukur permeter seperti panel galvalum dan enamel. Kubah masjid dengan bahan stainless dijual utuh dalam bentuk kubah yang langsung jadi. Harganya tergantung dengan diameter kubah yang kamu beli. Kisarannya harganya dimulai dari 2.500.000 rupiah keatas. Semakin besar maka semakin mahal.

5. Kubah Masjid dengan Bahan Tembaga

Kubah dengan bahan tembaga menjadi pilihan terakhir untuk kamu yang sedang mencari referensi kubah yang cocok untuk masjid yang sedang kamu bangun. Majid dengan bahan tembaga akan tampak lebih mewah jika dibandingkan dengan bahan kubah masjid yang lainnya. Kubah masjid dengan bahan tembaga sangat indah dipadukan dengan kuningan.

Kubah ini sangat popular dan banyak digunakan di masjid masjid besar. Kubah ini tampak sangat megah dan pembuatannya juga sangat rumit. Tak seperti bahan lainnya yang bisa langsung pasang, bahan ini memerlukan keterampilan khusus bagi pemasangnya. Disamping kerumitannya namun bahan ini tetaplah salah satu bahan terbaik untuk kubah masjid.

Selain itu apa yang menjadi kelebugan kubah jenis tembaga? Kubah ini pada umunya dijual dengan system custom sehingga kamu dapat memesan secara langsung bentuk kubah yang kamu inginkan. Selain itu bahan ini juga tidak korosif. Sama seperti bahan lainnya, menggunakan tembaga juga menjadi salah satu langkah antisipasi yang baik unuk mencegah pengkaratan.

Bagaimana dengan harga kubah dengan bahan tembaga? Dari semua jenis bahan maka kubah masjid yang tebuat dari tembaga inilah yang paling mahal. Disamping pemasangannya yang memerlukan orang yang ahli, pembuatannya juga memerlukan keterampilan. Kubah dengan bahan tembaga biasa memiliki ukiran khas sehingga tak sembarang orang dapat mengerjakannya.

Diantara bahan dan kisaran harga yang telah dijelaskan sebelumnya, sudahkah kamu menentukan pilihan kubah masjid yang sesuai dengan keinginan kamu? Kamu tak perlu terburu buru untuk memutuskan jenis kubah yang akan kamu beli. Akan lebih baik jika kamu mendiskusikan terlebih dahulu kepada penjual kubah kepercayaan kamu.