Keunggulan Cincin Nikah Surabaya yang Terbuat dari Bahan Palladium

cincin Nikah surabaya

Palladium mungkin masih terdengar asing untuk sebagian masyarakat Indonesia. Namun, sebenarnya logam palladium ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif terbaik untuk dijadikan cincin nikah. Apa saja keunggulan cincin nikah Surabaya yang terbuat dari bahan palladium? Di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang cincin palladium dan keunggulan serta kekurangannya.

Apa itu Logam Palladium ?

Palladium termasuk logam mulia dengan kilau memukau. Perhiasan yang terbuat dari logam palladium ini biasanya lebih awet, sehingga cocok bila dibuat sebagai cincin nikah surabaya. Seperti diketahui, cincin pernikahan sebaiknya selalu dipakai dalam keadaan apapun.

Anda tidak perlu khawatir sebab kilau cincin ini akan tetap terjaga, walaupun Anda sering melakukan berbagai aktivitas yang sifatnya maskulin. Cincin nikah yang terbuat dari logam palladium juga bisa dijadikan sebagai alternatif terbaik, apabila Anda ingin mematuhi ajaran Islam, yaitu larangan pria untuk memakai perhiasan yang terbuat dari emas.

Keunggulan Cincin Nikah Surabaya yang Terbuat dari Logam Palladium

1.  Awet

Palladium termasuk jenis logam yang awet, sebab tidak mudah berkarat ataupun pudar warnanya. Pada dasarnya, untuk ketahanan palladium ini hampir sama dengan logam mulia lainnya seperti emas dan juga platinum. Tentu saja logam ini akan sangat cantik jika dijadikan sebagai perhiasan termasuk cincin kawin.

Warna putih berkilauan pada cincin yang terbuat logam palladium akan tetap cantik dalam waktu yang sangat lama. Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan cincin yang berbahan dasar perak. Walau sama-sama berwarna putih dan berkilau, namun cincin yang terbuat dari bahan perak harus sering dibersihkan dan dipoles agar warnanya tidak pudar dan menghitam.

2. Mudah Dibersihkan

Cincin yang terbuat dari logam palladium berkualitas akan memiliki kilau warna yang cantik dan tidak mudah luntur ataupun berkarat, walau dipakai dalam jangka waktu yang panjang. Cincin palladium ini juga sangat mudah untuk dibersihkan.

Anda hanya perlu menyeka cincin dengan kapas yang sebelumnya dicelupkan ke air hangat. Namun agar hasilnya bisa lebih maksimal, gunakan pembersih khusus untuk logam palladium. Sementara itu, jika merasa bahwa cincin berbahan dasar palladium tersebut terlihat sedikit memudar warnanya, maka Anda bisa merendam cincin selama beberapa menit dalam air sabun yang bersuhu hangat.

Keringkan cincin dengan menggunakan kain bersih yang lembut. Pastikan seluruh bagian cincin bersih dan kering sempurna sebelum dipakai kembali. Cincin palladium yang sudah direndam beberapa menit dalam air hangat bercampur sabun itu akan terlihat berkilau kembali.

3. Harga Lebih Murah dari Cincin Emas

Harga cincin palladium terbilang lebih ekonomis dibanding dengan cincin yang terbuat dari emas. Jika  saat ini memang sedang mencari cincin nikah Surabaya yang berdesain cantik dan tahan lama dengan harga terjangkau, tentu saja cincin palladium ini layak dijadikan pilihan.

4. Nyaman Dipakai

Walau kuat dan tahan lama karena anti karat serta tidak mudah luntur warnanya, namun cincin berbahan dasar palladium ini termasuk ringan. Kandungan logam dalam sebuah cincin palladium memang lebih ringan dibandingkan dengan cincin yang terbuat dari bahan emas, baik itu emas kuning ataupun emas putih.

Cincin palladium ini paling cocok bila didesain dengan model yang simple tanpa detail berlebihan. Model sederhana seperti biasanya sangat disukai oleh calon pengantin pria. Sementara itu, bobotnya yang ringan membuat cincin palladium ini bisa dipakai dengan nyaman setiap saat.

5. Tidak Menyebabkan Alergi

Apabila Anda termasuk orang yang bertipe kulit sensitif, maka akan sangat sulit memakai perhiasan yang terbuat dari logam. Namun, palladium termasuk jenis logam yang aman, khususnya bagi Anda yang memiliki kulit sensitif.

Cukup banyak penelitian yang menyatakan bahwa palladium tidak berbahaya untuk kulit sensitif, sebab jenis logam ini tidak menimbulkan reaksi alergi. Bukan hanya itu saja, lapisan logam yang cukup tebal pada palladium akan membuat cincin ini tahan pula terhadap goresan.

6. Tidak Perlu Dipoles Ulang

Perhiasan yang terbuat dari bahan perak biasanya harus selalu dirawat secara rutin, misal seperti harus dipoles ulang secara berkala. Maka dari itu, Anda harus menyempatkan waktu untuk ke toko perhiasan agar perhiasan perak yang sudah terlihat mulai kusam menjadi cemerlang lagi warnanya. Namun, hal itu tidak perlu Anda lakukan lagi, karena cincin palladium tidak perlu dipoles ulang.

Cincin nikah yang terbuat dari bahan palladium akan memiliki warna putih yang berkilau secara alami, sebab proses pembuatannya tanpa ada campuran bahan rhodium di dalamnya. Hal itulah yang membuat warna putih berkilau pada cincin berbahan dasar palladium ini, bahkan sampai ke lapisan bagian dalam cincin, bukan hanya pada bagian permukaannya saja.

Kekurangan Cincin Nikah Surabaya yang Terbuat dari Logam Palladium

Tidak ada yang sempurna di dunia ini, tentu saja logam palladium juga memiliki beberapa kekurangan. Maka sebelum memutuskan untuk membeli cincin pernikahan yang terbuat dari bahan palladium, sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan palladium, seperti di bawah ini:

1.  Hanya Bisa Dibentuk Menjadi Perhiasan dengan Model Sederhana

Palladium termasuk jenis logam yang keras, sehingga logam ini sebenarnya tidak terlalu mudah untuk dibentuk menjadi perhiasan. Apalagi jika Anda ingin perhiasan dengan model yang cukup rumit, maka dari itu biasanya logam palladium lebih sering dibuat untuk cincin kawin pria. Seperti yang Anda ketahui, biasanya model-model cincin nikah untuk pria lebih sederhana daripada model cincin untuk wanita.

Umumnya, cincin nikah yang terbuat dari bahan palladium hanya mengandung sekitar 50% logam palladium, sedangkan sisanya merupakan campuran dari perak serta alloy. Sifat logam palladium yang sangat keras adalah penyebab mengapa cincin nikah yang terbuat dari jenis logam mulia ini tidak bisa 100% terbuat dari palladium.

2. Harga Jual yang Rendah

Kekurangan lain dari cincin nikah berbahan dasar logam palladium adalah harga jual yang terbilang rendah dan sulit dijual kembali. Hal tersebut disebabkan oleh permintaan pasar terhadap cincin yang terbuat dari bahan palladium memang masih belum terlalu banyak, sehingga tidak semua toko perhiasan mau membeli cincin palladium.

Oleh sebab itu, cincin berbahan dasar palladium ini tidak bisa berfungsi layaknya seperti perhiasan yang terbuat dari emas. Cincin palladium tidak bisa menjadi media investasi, sebab harga jual kembali akan turun berbeda dengan emas yang kian hari harganya semakin naik.

Namun, sebagai sebuah cincin nikah seharusnya kekurangan ini bukan masalah besar. Setiap orang yang memutuskan untuk mengikat janji suci pernikahan tentu tidak pernah berharap suatu hari akan menjual cincin nikah sebab mereka ingin mengabadikan salah satu bukti ikatan suci pernikahan itu.

Cincin palladium memang salah satu alternatif terbaik jika Anda ingin mencari cincin nikah berkualitas, awet, dan ramah di kantong. Jika tertarik membeli cincin nikah Surabaya yang terbuat dari bahan palladium berkualitas, Anda bisa langsung menuju Kotagede Jewelry yang menyediakan berbagai macam model cincin nikah terbaik dari bahan palladium.