Peluang Usaha Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

air minum dalam kemasan

Beberapa Peluang Usaha Pabrik Air Minum Dalam Kemasan

Air sebagai salah satu sumber kehidupan penting bagi mahluk hidup, termasuk manusia. Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia. Sekitar 50-70% tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan seluruh organ.

Beberapa manfaat dari Pentingnya memenuhi kebutuhan air minum bagi tubuh adalah:

1. Mencegah dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak memiliki cukup air untuk mendukung fungsi-fungsi vital.

2. Melancarkan sirkulasi darah

Konsumsi air akan membantu dalam proses transportasi dalam tubuh manusia.

3. Membantu mengeluarkan racun

Air dapat membantu mengeluarkan cairan keringat serta menurunkan risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

4. Membantu kinerja ginjal

Ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin.

5. Mengontrol nafsu makan

Minum air sebelum makan dapat mengontrol nafsu makan yang dapat berdampak pada penurunan berat badan

6. Membantu distribusi gizi

Air diperlukan untuk memproses semua zat gizi yang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi dan membawa zat gizi tersebut ke seluruh sel-sel tubuh melalui sistem limfatik.

7. Menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh

Minum cukup air akan mempertahankan keseimbangan cairan tubuh, yang membantu transportasi nutrisi dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, mencerna makanan, dan masih banyak lagi.

8. Menjaga kesehatan kulit

Cukup mengonsumsi cairan dapat membantu melembabkan kulit, membuat kulit terus segar, lembut, bercahaya dan halus.

9. Mencegah penyakit berbahaya

Manfaat air putih lainnya adalah untuk mencegah berbagai penyakit kronis yang menyerang tubuh. Semakin banyak kita minum air putih maka akan semakin banyak racun yang akan dibuang dari dalam tubuh kita.

10. Membantu menurunkan tekanan darah

11. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

12. Mengatasi sembelit

13. Menjaga kesehatan jantung, Dan lain sebagainya.

Menurut berbagai riset, manusia umumnya mengkonsumsi setidaknya kita butuh 1,5 – 2 liter air mineral per hari. Kebutuhan setiap orang memang berbeda-beda, dapat dipengaruhi oleh usia, kegiatan yang dilakukan pada hari itu, dan lain sebagainya.

Namun, dapat dipastikan bahwa setiap orang sangat membutuhkan air minum dalam kehidupan sehari-hari mulai dari bangun tidur, hingga sebelum tidur.

Dari manfaat air minum bagi tubuh, sudah dipastikan bahwa peluang usaha di bidang air minum kemasan akan sangat menguntungkan, karena setiap orang, dan setiap saat pasti akan membutuhkan air, terutama air bersih yang layak konsumsi.

Kebutuhan inilah yang menjadikan pabrik AMDK merupakan peluang usaha yang sangat menggiurkan. Karena bisa dipasarkan hingga ke seluruh negara di dunia. Bahkan banyak perusahaan-perusahaan besar yang ikut andil dalam usaha air minum kemasan di dunia.

Saat ini, ada 5 negara besar pengekspor Air minum dalam kemasan. Mereka adalah Prancis, Cina, Jerman, Ceko dan Rusia. Namun Indonesia juga memiliki beberapa produk air minum kemasan yang mulai mendunia, dan diharapkan suatu saat Indonesia mampu menjadi salah satu dari 5 negara besar pengekspor air minum kemasan tadi.

Produk asli Indonesia yang kini mulai mendunia adalah Aqua, Le Minerale, Equil, dan lainnya.

Memulai bisnis AMDK ini tidak melulu harus langsung berskala besar dan bersaing dengan produk-produk ternama di Indonesia. Memulai bisnis AMDK bisa dilakukan dengan skala kecil terlebih dahulu jika memang memiliki modal terbatas.

Bahkan anda bisa mulai dengan menjadi reseller produk yang sudah ada di pasaran, atau membangun pabrik air minum kemasan dengan skala kecil dirumah, kemudian membuka depot isi ulang air gallon, atau memproduksi merk air minum kemasan sendiri untuk dijual.

Tetapi berbisnis air minum kemasan  dengan merk sendiri memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan membuka depot isi ulang gallon.

Keuntungan Bisnis Air Minum Dalam Kemasan dengan Merk Sendiri dibanding Depot isi Ulang:

  1. Membuat AMDK dengan merek sendiri memunginkan anda untuk menjual dalam kemasan gelas, botol, dan galon, sedangkan depot isi ulang hanya bisa menjual dalam Kemasan galon.
  2. Membuat AMDK dengan merek sendiri lebih diminati, khususnya event perkawinan,seminar,dll.
  3. Membuat AMDK dengan merek sendiri bisa anda jadikan jaminan kredit pemodal karena memiliki sertifikat merek/goodwill.
  4. Membuat AMDK dengan merek sendiri memungkinkan anda menjangkau pelanggan diluar Kota, bahkan luar pulau, sedangkan depot isi ulang hanya menjangkau wilayah terdekat saja.

Itulah beberapa keuntungan jika anda bisa membuat merk air minum kemasan sendiri.

Bisnis air minum kemasan memang memiliki peluang keberhasilan sangat tinggi karena kebutuhan masyarakat akan selalu ada, namun tetap harus mempelajari banyak hal sebelum terjun kedalam bisnis ini mengingat setiap bisnis memiliki resiko masing-masing.

Sebelum memulai bisnis air minum kemasan ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan seperti:

  1. Persiapkan rencana yang matang
  2. Membuat Analisi SWOT
  3. Beli mesih yang sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas
  4. Sumber air sebagai bahan baku Air minum kemasan
  5. Lokasi pabrik dan perusahaan air minum kemasan yang akan anda dirikan
  6. Target pasar dari produk AMDK yang akan anda tuju
  7. Strategi marketing produk anda
  8. Pabrik dan perusahaan air minum kemasan memenuhi syarat dan izin seperti: Surat Izin Perdagangan Perusahaan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Akta perusahaan, serta memiliki sertifikat izin distribusi seperti BPOM, SNI, SIPA, HO, IUI, TDI, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum anda terjun dan mendirikan perusahaan dan pabrik AMDK milik anda sendiri. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, anda bisa meningkatkan persentas keberhasilan dan menghindarkan anda dari resiko yang ada.

Pastikan produk air minum kemasan yang anda buat sudah melewati standar mutu dan izin dari BPOM dan SNI sehingga aman untuk dikonsumsi dan layak untuk dipasarkan.

Jika anda tertarik memulai bisnis air minum kemasan baik skala kecil mauapun skala besar. Anda bisa berkonsultasi dengan perusahaan yang bergerak di bidang system pengolahan air yang berpengalaman. Biasanya mereka sudah memahami berbagai kebutuhan bagi anda yang ingin membangun pabrik air minum dalam kemasan.

Dengan begitu, anda akan dibantu dan ditemani dalam membangun bisnis anda. Anda bisa mencarinya di internet. Kini sudah banyak perusahaan yang bergerak di bidang system pengolahan air di Indonesia. Anda bisa menghubungi mereka, namun pastikan memilih yang professional dan sudah berpengalaman.

Sehingga bisa membantu anda memberikan solusi untuk setiap permasalahan yang anda hadapi pada saat membangun pabrik AMDK anda sendiri.

Nah, itulah berbagai informasi mengenai peluang usaha pabrik air minum dalam kemasan yang bermanfaat dan mesti anda pahami sebelum terjun ke berbagai bisnis yang berkaitan dengan air minum kemasan.